Tab Create secara umum digunakan untuk
pembuatan objek baru dan atribut yang dibutuhkan dalam suatu database. Dengan
tab Create, user bisa membuat tabel baru serta atribut pendukungnya, yang
nantinya akan digunakan untuk memasukkan record baru. Dua hal yang paling inti
dalam sebuah database adalah form (formulir) dan report (laporan). Kedua hal
itu bisa dibuat dengan memanfaatkan fungsi icon yang terdapat di tab Create
ini.
Satu hal sebagai tambahan, user bisa membuat
serta meng-custom perintah yang nantinya bisa dieksekusi oleh komputer. Ini
dilakukan dengan memanfaatkan icon yang terdapat di group Other.
Tab Create terdiri dari empat group perintah.
Yaitu: (1) Tables, (2) Forms, (3) Report, dan (4) Other. Semuanya
akan dijelaskan pada bahasan berikut ini.
A.
Group Tables
Group Tables terdiri dari 5 icon perintah: Table,
Table Templates, SharePoint Lists, dan Table Design.
Icon perintah Table digunakan untuk membuat
tabel database baru. Selanjutnya user pada tabel kosong baru. Hal pertama
mengisi tabel tersebut dengan record, user perlu memberi nama field (judul
tabel di sebelah atas). Untuk memberi nama pada tiap field, klik dua kali field
yang diinginkan. Adapun field yang tidak diinginkan, cukup kosongi saja, maka
secara otomatis field kosong tersebut akan terhapus oleh sistem.
Sedangkan icon Table Templates digunakan untuk
membuat tabel database baru berdasarkan contoh-contoh yang sudah tersedia di MS
Access 2007. Dengan menggunakan icon perintah ini user mendapatkan kemudahan
dalam pembuatan database. User tinggal memilih salah satu contoh yang telah
tersedia. Kemudian user hanya perlu melakukan kustomisasi seperlunya.
Icon Sharepoint Lists digunakan untuk membuat
daftar titik penyimpanan data yang sedang dibuat.
Adapun icon Table Design digunakan untuk
digunakan untuk merancang tabel yang dibutuhkan dalam suatu database. Icon ini
merupakan pengaturan tingkat lanjut dari icon Table. Dengan icon Table Design,
user bisa mengatur atribut table dari database aktif sehingga setiap field bisa
diset dengan tipe data tertentu.
B.
Group Form
Group Form terdiri dari 7 icon perintah: Form,
Split Form, Multiple Items, PivotChat, Blank Form, More Form, dan Form Design.
- Icon
Form digunakan untuk membuat formulir database baru.
- Split
Form digunakan untuk suatu formulir sehingga menjadi dua formulir yang
berbeda.
- Multiple
Items digunakan untuk membuat form yang bisa menampilkan isi database yang
telah dimasukkan.
- PivotChat
digunakan untuk membuat grafik berdasarkan suatu database.
- Blank
Form digunakan untuk membuat formulir yang kosong sehingga user bisa
mendesain sendiri suatu formulir yang diinginkan.
- More
Form digunakan untuk digunakan untuk menampilkan daftar perintah yang
diguakan untuk memilih daftar form lainnya.
- Form
Design digunakan untuk mendesain form sesuai dengan keinginan user.
C.
Group Reports
Group Reports secara umum digunakan untuk
pembuatan laporan (report), terdiri dari 5 icon perintah: Report, Labels, Blank
Repot, Report Wizard, Report Design.
- Report
digunakan untuk membuat format laporan dalam versi standar MS Access 2007
- Labels
digunakan untuk membuat label dari database yang sedang aktif.
- Blank
Report digunakan untuk membuat format laporan yang kosong sehingga user
bisa membuat format laporan yang diinginkan.
- Report
Wizard digunakan untuk membuat format laporan berdasarkan tuntunan yang
disediakan dalam MS Access 2007.
- Report
Design digunakan untuk merancang format laporan sesuai dengan keinginan
user.
D.
Group Other
Group Other terdiri dari 3 icon: Query Wizard,
New object: Query, dan Macro.
- Query
Wizard digunakan untuk membuat query berdasarkan tuntunan yang disediakan
dalam MS Access 2007 sehingga user bisa dengan mudah dalam membuat sebuah
query
- New
Object: Query digunakan untuk membuat query baru sesuai dengan keinginan
pengguna.
- Macro
digunakan untuk membuat objek macro, merupakan tool yang digunakan untuk
membuat perintah tertentu pada sebuah database.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar